APA ITU JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA - Informatika indo

Kami Ahli IT akan membagikan pengetahuan serta Informasi yang menarik seputar dunia komputer dan teknologi yang sedang berkembang saat ini. Dan informasi lainnya yang bermanfaat bukan hanya tentang IT saja

Sunday, November 11, 2018

APA ITU JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

APA ITU JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA - Halo teman-teman jika kalian mencari tahu sebenarnya apa itu Jurusan Teknik Informatika, Jika kalian asing dengan jurusan yang satu ini bisa dipastikan kalian baru pertama kali mengenal dunia komputer atau hanya iseng ingin tahu sebenarnya jurusan (TI) itu sebenarnya apa sih?

Tidak usah berlama-lama, Pertama menurut WIKIPEDIA bahasa Indonesia "Teknik Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen."

Technical Information
Ya benar saya rasa kalian tidak akan paham jika mempelajari bahasa buku seperti wikipedia, mari kita bahas sesuai penemuan saya atau pengalaman saya tentang Teknik Informatika. Menurut saya yang jika matematika kalian di waktu SMA/SMK kurang lebih baik kalian melupakan untuk masuk jurusan yang satu ini karena kalian akan dituntut untuk belajar matematika dan mengaplikasikan dengan media komputer contoh sederhana adalaha software atau aplikasi calculator, itu adalah hasil penggabungan ilmu matematika dan komputer (teknologi). Intinya kalian akan didik untuk menyederhanakan suatu pekerjaan dengan memanfaatkan teknologi.

Mata Kulia apa saja yang ada di Jurusan Teknik Informatika?

Materi Kuliah Dasar Umum

Materi Kuliah dasar Umum adalah Materi yang sifatnya Umum untuk semua jurusan, bukan hanya IT. Apapun Jurusannya anda akan mendapat materi ini, sepertinya ini memang mata kuliah dasar Wajib yang selalu ada di setiap jurusan di seluruh Kampus di Indonesia . Berikut ini adalah matakuliahnya
  1. Bahasa Indonesia
  2. Bahasa Inggris
  3. Metode Penelitian /Riset Operasi
  4. Kewarganegaraan
  5. Ilmu Sosial Budaya Dasar
  6. Etika Profesi
  7. Pendidikan Agama
  8. Kewirausahaan & Manajemen

Mata Kuliah Matematika & Science

Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan yang besifat “TEKNIK” di kelompokan dalam Wadah “Sains dan Teknologi” atau “Fakultas Teknik”  lebih khusus pada “Electrical Engineering and Computer Science“. Jadi jelas banget ilmu ini butuh Pemahaman Matematika dan Fisika dan mempunyai mata kuliah dasar sains yang sama dengan jurusan teknik lainnya cuma berbeda penekanan. Ilmu Komputer ini sendiri terpecah menjadi lima Cabang yaitu Ilmu Komputer (Computer Science), Teknik Komputer (Computer Hardware), Teknik Informatika (Software Enginering), Sistem Informasi (Information System) dan Teknologi Informasi (Information Technology). Untuk Teknologi Informasi biasanya lebih sering disebut TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) kalau di Indonesia.

Apa saja ilmu dasar yang harus dipahami? Berikut ini adalah beberapa mata kuliah Dasar WAJIB di Jurusan Teknik Informatika.
  1. Fisika Dasar
  2. Kalkulus I dan Kalkulus II
  3. Logika Matematika (Logika Informatika)
  4. Matematika Diskrit
  5. Aljaber Linier dan Matrix
  6. Metode Numerik
  7. Statistik

Mata Kuliah Inti Teknik Informatika

Mata kuliah Inti ini saya bagi lagi menjadi 3 yaitu mata kuliah  Dasar, Mata kuliah Konsentrasi dan Mata kuliah Pilihan (Lanjutan).

Mata Kuliah dasar

  1. Pengantar Teknologi Informasi
  2. Algoritma dan Pemprograman
  3. Struktur Data
  4. Jaringan Komputer
  5. Organisasi Komputer
  6. Multimedia

Mata Kuliah Wajib

  1. Basis Data
  2. Sistem Operasi
  3. Sistem Berkas
  4. Jaringan Komputer
  5. Analisis dan Desain Berorientasi Object
  6. Arsitektur Komputer
  7. Grafika Komputer (Computer Graphic)
  8. Pemrograman Bahasa X
  9. Pemrograman Jaringan
  10. Pemrograman Web
  11. User Interface Desain (Interaksi Manusia dan Komputer)
  12. Rekayasa Perangkat Lunak (dan Metodenya)

Mata Kuliah Pilihan (Lanjut)

  1. Teori Bahasa dan Otomata
  2. Data Mining
  3. Cloud Computing
  4. Cloud Programing
  5. Mobile Programing
  6. Keamanan Jaringan
  7. Sistem Terdistribusi
  8. Kecerdasan Buatan
  9. Machine Learning
  10. Sistem Pakar
  11. Mekantronika /Robotika
  12. Semantic Web
  13. Biometric
  14. Computer Vision
  15. Kriptografi

Pesan saya kalian tidak harus mempelajari semua sekaligus kecuali Mata Kuliah umum itu harus, Ketika kalian sudah nyaman pada satu Mata Kuliah silahkan kalian kembangkan sendiri karena pada dasarnya Dosen hanya memberi materi sekitar 10% sisanya kalian cari atau kembangkan sendiri untuk menyusun proposal, penelitian, skripsi dan tugas akhir kalian.

sekian dulu dari saya teman-teman!

Selamat belajar dan Happy coding guys!

No comments:

Post a Comment